Laskar Hijau Kuansing Lakukan penanaman pohon dikawasan Cagar budaya Sentajo Raya.

Laskar Hijau Kuansing Lakukan penanaman pohon dikawasan Cagar budaya Sentajo Raya.
Foto peserta penanaman Pohon dicagar budaya Sentajo Raya.

SENTAJO RAYA | WartaLingkungan.Com — Laskar Hijau Kuansing melakukan penanaman aneka bibit  pohon buah - buahan di kawasan cagar budaya Kenegerian Sentajo tepatnya di Desa Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu (25/09/2024) kemarin.

 

 

Ketua Laskar Hijau Kuansing Zaky Al Fadli kepada WartaLingkungan.com, Kamis (26/09/2024) siang menuturkan, aksi penanaman pohon (bibit buah - buahan) merupakan bentuk Output dari Kegiatan Climate Innovation Generation Program (CIGPro) 2024 yang di selenggarakan oleh Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) Republik Indonesia pada Agustus 2024 lalu. Dirinya merupakan salah satu peserta putra Kuantan Singingi yang berhasil lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan ini yang di laksanakan di Jakarta dan Kepulauan Seribu pada tanggal 22-25 Agustus 2024 lalu.

Lanjut dikatakannya, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian pemuda terhadap lingkungan dimana nantinya pohon-pohon yang di tanam ini dapat meningkatkan kualitas udara di kawasan Cagar Budaya rumah godang Kenegerian Sentajo, selain itu dapat memberi manfaat bagi masyarakat sehingga bisa menikmati buahnya tak terkecuali pada tradisi ke rumah godang di hari ke II Raya Idul Fitri setiap tahunnya.

 

Selain penanaman bibit buah-buahan di kawasan Cagar Budaya, penanaman bibit juga dilakukan di MI Attanwir Kecamatan Sentajo Raya. “Adapun jenis bibit yang ditanam yakni, bibit lengkeng, bibit rambutan, cempedak hutan serta bibit jambu. Sedangkan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 50 batang,” tambah Zaky Al Fadli.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuansing melalui Kabid Trandianto dan Kasi Mardalena yang turut hadir saat penanaman pohon di kawasan Cagar Budaya Kenegerian Sentajo mengapresiasi kegiatan aksi penanaman pohon buah - buahan di kawasan Cagar Budaya Koto Sentajo serta di kawasan MI Attanwir Kecamatan Sentajo Raya. “Mudah mudahan kegiatan ini akan terus berlanjut nantinya ucap,” Trandianto.

Pemerintahan Desa (Pemdes) Koto Sentajo yang diwakili (Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Desa (Sekdes) Madiyusman mengapresiasi Laskar Hijau Kuansing yang telah mengimplementasikan penghijauan di kawasan Cagar Budaya Kenegerian Sentajo. “Diharapkan nantinya dari penanaman pohon ini dapat membuat lingkungan di kawasan rumah bibit (Rumah Adat) menjadi lebih asri dan indah nantinya,” papar Sekdes.

Kegiatan penanaman bibit tersebut turut dihadiri para pemuda dan pemudi dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuansing, para majelis guru serta pelajar Madrasah Ibtidaiyah Attanwir Kecamatan Sentajo Raya.

 

 

#Bupati Kuansing