Alamak!!! Dosa Masa Lalu Sukarmis Terbongkar, Kubu Adam Panik!!

Alamak!!! Dosa Masa Lalu Sukarmis Terbongkar, Kubu Adam Panik!!
Foto Khairul Iksan Caniago terdakwa kasus ujaran kebencian dan Sukarmis terdakwa kasus 3 pilar dikuansing.

 

TELUKKUANTAN - Kubu Adam panik setelah dosa masa lalu bapaknya Sukarmis terbongkar. Kepanikan itu ditandai dengan dugaan adanya pelaporan dua orang wartawan ke Polda Riau.

 

Dilaporkannya wartawan ke Polda Riau merupakan buntut pemberitaan  terkait tindak pidana korupsi pembangunan Hotel Kuansing dan Sukarmis terdakwanya.

 

Pelapornya adalah Khairul Iksan Caniago alias KIC, yang kabarnya merupakan juru bicara Adam - Sutoyo. KIC saat ini juga berstatus penyebar kebencian. Ia divonis bersalah oleh PN Telukkuantan. Pada tingkat banding, vonis PN Telukkuantan dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Riau. Kini, KIC menunggu keputusan MA apakah kasasinya diterima atau ditolak?

 

Menanganggapi pelaporan itu, Tio Afrianda, pegiat anti korupsi Kuansing, menilai kubu Adam panik karena dosa masa lalu Sukarmis terbongkar.

 

"Ini bentuk kepanikan kelompok-kelompok tertentu atas dosa masa lalunya yang terbongkar. Dosa ini jelas akan menggerus suara di wilayah eks trans," kata Tio, Sabtu (28/9/2024) di Telukkuantan.

 

Dikatakan Tio, dosa masa lalu itu masih terekam dengan jelas dan utuh. Pada tahun 2015, Sukarmis marah kepada masyarakat Sungai Bawang, Kecamatan Singingi.

 

"Dalam pemberitaan, sangat jelas bupati saat itu rasis. Dia mengatakan orang Sungai Bawang non pribumi, jangan mencari harta di sini, ini Kuansing, bukan Pulau Jawa. Itu adalah pernyataan Sukarmis yang dimuat di media massa," kata Tio.

 

Tio menilai, pemberitaan sebelumnya yang memuat 'Sukarmis usir etnis Jawa' bukanlah tindakan SARA. Sebab, pemberitaan itu tidak memberi tahu masyarakat suku Jawa yang ada di Kuansing.

 

Justru, pernyataan Sukarmis tahun 2015 silam yang melukai hati masyarakat suku Jawa, tutup Tio.

#Kuansing