Limbah PT. Citra Diduga Cemari Sungai, Bupati Intruksikan DLH Telusuri Dan Tindak

Limbah PT. Citra Diduga Cemari Sungai, Bupati Intruksikan DLH Telusuri Dan Tindak

Kuansing - Kolam limbah pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Citra Riau Sarana di Desa Muara Langsat, kecamatan Sentajo Raya kabupaten Kuantan Singingi. Jebol. Kejadian yang berlangsung, sejak Selasa 2/1/24 itu mengakibatkan perusakan lingkungan di sekitar areal perkebunan masyarakat dan aliran sungai yang tergenang limbah. Diduga mengakibatkan banyak ikan mati di beberapa sungai sekitarnya. 

Menanggapi hal tersebut kepala DLH Kuansing Deflides Gusni menyebutkan sudah menurunkan Tim DLH untuk turun ke lokasi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Citra Riau Sarana ke desa Muara Langsat kecamatan Sentajo Raya. Dan belum ada manajemen PT CSR yang melaporkan hal tersebut ke pihak DLH. 

"Tim langsung kita tugaskan untuk turun ke lokasi setelah mendapatkan berita tersebut. Sampai saat ini pihak PT CSR belum ada melaporkan kepada kami dan selama proses pemeriksaan PT CSR dihentikan beroperasi, jelas Kepala DLH Kuansing. 

Dengan adanya kejadian seperti ini, apalagi sekarang musim penghujan pihak DLH kuansing meminta dan menghimbau kepada semua perusahaan penghasil limbah di kuansing untuk :

1. Pastikan bahwa kolam – kolam Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) aman/tidak jebol pada saat curah hujan tinggi.

2. Melaporkan/berkoordinasi ke DLH Kuansing atau Pihak-pihak terkait lainnya, jika IPAL terjadi kebocoran/jebol

3. Melakukan upaya-upaya cepat dan terukur sesuai dengan aturan yang berlaku utk meminimalisir kemungkinan terjadinya dampak terhadap lingkungan hidup jika IPAL terjadi kebocoran/jebol.

Bupati Kuansing H Suhardiman Amby ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat (Whatsapp) , Rabu (03/01/24) .lmenanggapi hal tersebut dengan serius dan memerintahkan agar menghitung kerugian yang dialami masyarakat dan kerusakan lingkungan yang disebabkan jebolnya tanggul tersebut. 

" Kita perintahkan agar segera hitung kerugian yang dialami masyarakat dan juga kerusakan lingkungan. Dan juga mereka kita perintahkan untuk segera lakukan pemulihan, tegas H Suhardiman Amby.

#Kerusakan Lingkungan #Pabrik Kelapa Sawit #Bupati Kuansing #Suhardiman Amby #Datuk Panglimo Dalam